Jumat, 15 April 2016

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Bisa Menghambat Penuaan

Kebiasaan-Kebiasaan Yang Bisa Menghambat Penuaan
Seiring berjalannya waktu, tanda-tanda penuaan kerap kita jumpai. Kita memang tidak bisa menghentikan waktu, tetapi kita bisa memperlambat penuaan pada tubuh kita. Tentu bila diiringi dengan gaya hidup yang sehat. Berikut ini adalah kebiasaan yang dapat membuat kita menjadi tetapi muda:

1. Minum cukup
Dehidrasi kronis akan mempengaruhi elastisitas kulit, dan menyebabkan dini tanda-tanda penuaan. Kita bisa mengetahui tingkat dehidrasi pada tubuh kita melalui urin. Seorang yang cukup mengonsumsi air, urinnya akan berwarna terang (bening). Sedangkan mereka yang dehidrasi akan memiliki urin berwarna gelap (kuning). Air juga menjaga tingkat energi dan meningkatkan fungsi otot kita.

2. Hindari makanan bergizi sepi (junk food)
Makan makanan yang buruk adalah kesalahan besar. Sayangnya, masih banyak orang yang suka mengonsumsi makanan olahan atau makanan cepat saji. Padahal, keduanya dapat menyebabkan penuaan dini. Untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, kulu, dan keseluruhan tubuh serta penampilan, kita membutuhkan sebuah ‘bahan bakar’. Yaitu, makanan yang mengandung banyak gizi.

3. Hindari stres
Stres sangat dapat mempengaruhi tubuh kita. Ia juga bisa memicu tanda-tanda penuaan. Stres menyebabkan kita berada dalam keadaan cemas. Memang, terkadang kita tidak merasakan hal itu. Tapi perlahan ia dapat memicu risiko serangan jantung.
Sebuah studi menunjukkan, emosi negatif seperti stres, berkaitan dengan kesehatan fisik yang buruk pada 150.000 orang di 142 negara. Mereka mengalami gangguan pada kekebalan tubuh, pencernaan, hingga sistem saraf.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Telinga Akibat Radang Tenggorokan

4. Meditasi
Meditasi yang rutin dilakukan akan menjaga kita menjadi tetap rileks. Semuanya seperti berada dalam kontrol. Cobalah untuk melakukannya 15 menit dalam sehari. Hal ini dapat menjernihkan pikiran kita. Meditasi juga membantu kita untuk mendisiplinkan pikiran. Sehingga seseorang bisa berkonsentrasi pada hal yang akan mereka kerjakan.

5. Yoga
Yoga dengan gerakannya yang lembut, membantu kita untuk menghindari stres. Yoga adalah praktik yang menenangkan sistem saraf, pikiran, dan melepaskan ketegangan. Sesi yoga tidak harus berlangsung lama. Kita bahkan bisa berlatih dengan beberapa pose di depan meja kerja.

6. Tidur yang cukup
Orang-orang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup, akan menyebabkan masalah pada kesehatatan dan mentalnya. Tidur adalah kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki dirinya. Jika kurang tidur terjadi secara terus-menerus, semua sistem utama dapat terpengaruh. Tidurlah selama tujuh hingga delapan jam tiap harinya. Alangkah lebih baik untuk meninggalkan semua gadget kita ketika hendak tidur.

0 komentar

Poskan Komentar